Komisaris Utama Bank DP Taspen AA Ngr Oka Muliawan menyerahkan potongan tumpeng kepada branch manager Kantor Cabang Purwokerto, Lina Lina Mulatsih.
PURWOKERTO, Melihat besarnya potensi pasar pensiunan di wilayah Banyumas, Bank Dana Pensiun (DP) Taspen meresmikan kantor cabang ke-8 di Purwokerto. Kantor baru yang terletak di Jl. Prof. Dr Suharso No.2, Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara ini sekaligus menjadi penanda keberhasilan merger antara PT BPR DP TASPEN dan PT BPR DP TASPEN JAWA TENGAH.
Dalam acara syukuran peresmian yang digelar Jumat (18/7/2025), Direktur Utama Bank DP Taspen, Iwan Soeroto, menyampaikan bahwa merger yang dilakukan telah membawa pencapaian signifikan dengan nilai aset tembus Rp1 triliun. Menurutnya, langkah strategis ini akan memperkuat ekspansi dan layanan Bank DP Taspen di daerah dengan konsentrasi pensiunan tinggi seperti Banyumas.
“Ini acara syukuran keberhasilan merger kita antara PT BPR DP Taspen dengan PT BPR DP Taspen Jawa Tengah. Alhamdulillah sudah berhasil dan aset kita sudah tembus Rp1 triliun. Kantor Cabang ke-8 ini mudah-mudahan bisa menambah profit, laba, dan aset lagi karena potensi pasar pensiunan di sini sangat besar,” kata Iwan.
Ia menyebutkan, terdapat sekitar 109 ribu pensiunan di Banyumas dengan peredaran dana mencapai Rp335 miliar per bulan. Namun saat ini Bank DP Taspen baru melayani sekitar 2.000 pensiunan atau sekitar Rp7 miliar dari total dana yang beredar.
“Artinya, peluang untuk tumbuh masih sangat besar. Kami akan mengedepankan pelayanan proaktif, termasuk jemput bola untuk pensiunan berusia di atas 70 tahun, serta memanfaatkan teknologi digital paperless dan Star Branch System untuk mempermudah transaksi,” lanjut Iwan.
Sistem layanan baru tersebut memungkinkan pensiunan melakukan transaksi hanya dengan menggunakan KTP, tanpa perlu lagi mengisi formulir secara manual. Layanan juga mencakup penarikan dana, transfer, pengisian pulsa, dan layanan keuangan lainnya secara mandiri.
Iwan menambahkan, bahwa selain star branch, Bank DP Taspen juga menerapkan _Centralized Processing Credit_ (CEPAT). Yaitu layanan proses kredit yang tersentral. Sehingga dapat mempercepat layanan Kredit Pensiun.*
Direktur Keuangan Dana Pensiun Karyawan Taspen, Hanna Triana Harris, menyatakan bahwa penggabungan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja operasional dan memberikan nilai tambah tidak hanya bagi pemegang saham, tetapi juga bagi para pensiunan.
“Potensi pasar di sini memang besar, terutama karena banyaknya pensiunan yang merupakan nasabah Taspen. Dengan penggabungan ini, kami yakin akan meningkatkan efisiensi, laba, dan tentunya menjadi peluang bagi pensiunan untuk mengakses pembiayaan yang lebih luas melalui Bank DP Taspen,” kata Hanna.
Acara peresmian ini turut dihadiri sejumlah tokoh penting, di antaranya Kepala DIMB OJK Pusat Aslan Lubis, Kepala Kantor OJK Jawa Tengah Hidayat Prabowo, Kepala Kantor OJK Purwokerto Haramain Billady, Branch Manager PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Purwokerto Yanuar Faqih Hidayat, jajaran Direksi dan Dewan Komisaris Bank DP Taspen, serta para pemangku kepentingan lainnya.
Dengan ekspansi ini, Bank DP Taspen menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dalam layanan keuangan berbasis pensiunan, sekaligus memperkuat posisi sebagai BPR yang fokus pada segmen pasar khusus yang memiliki potensi besar untuk tumbuh berkelanjutan.