Berita Terbaru Seputar Purwokerto dan Banyumas Sekitarnya
  • Terbaru
  • Banyumasiana
  • Pilihan
Tidak ditemukan hasil
Lihat semua salu
Berita Terbaru Purwokerto dan Banyumas Raya
  • Terbaru
  • Banyumasiana
  • Pilihan
Tidak ditemukan hasil
Lihat semua salu
Berita Terbaru Purwokerto dan Banyumas Sekitarnya

Pengaduan Masyarakat ke OJK Purwokerto Meningkat, Literasi Keuangan Diperkuat

Penulis Tim Redaksi
Sabtu, 3 Mei 2025
Topik Purwokerto
A A

BANYUMAS – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Purwokerto mencatat lonjakan signifikan dalam jumlah pengaduan masyarakat terkait lembaga jasa keuangan selama tiga bulan pertama tahun 2025. Kepala OJK Purwokerto, Haramain Billady, mengungkapkan bahwa jumlah aduan telah mencapai sekitar 360 kasus, mendekati separuh dari total aduan sepanjang tahun lalu yang mencapai 800 kasus.

“Kalau kita lihat dari data statistik, pengaduannya memang meningkat,” ujar Haramain dalam acara ‘Ngobrol Bareng OJK Purwokerto Bersama Media’ yang digelar di salah satu restoran di Purwokerto, Jumat (2/5/2025).

Untuk menekan angka pengaduan, OJK terus menggencarkan kegiatan edukasi dan literasi keuangan. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat memahami produk dan layanan keuangan secara bijak, mengenali risiko, serta menghindari jerat penipuan dan penawaran ilegal yang kian marak.

BacaJuga

658 Warga Binaan Lapas Purwokerto Dapat Layanan Pengobatan Gigi Gratis

Luminor Hotel Purwokerto Hadirkan Nostalgia Seru Lewat “Indonesia 80”

“Edukasi ini penting agar masyarakat memahami cara memanfaatkan produk keuangan, menyadari risiko-risikonya, serta bisa menghindari penawaran ilegal,” jelas Haramain.

Selama ini, OJK Purwokerto rutin menggelar hingga delapan kegiatan edukasi setiap bulan. Haramain juga mengajak media massa untuk turut serta menyebarluaskan informasi dan literasi keuangan melalui berbagai platform, baik radio, televisi, media cetak, maupun digital.

Peningkatan pengaduan terbanyak berasal dari sektor Bank Perkreditan Rakyat (BPR), khususnya terkait penyaluran kredit yang dinilai terlalu besar di sektor tertentu. Kondisi ini memicu kekhawatiran terhadap rasio kredit bermasalah (Non-Performing Loan/NPL).

“Kita melakukan pembinaan ke BPR, terutama agar lebih selektif dalam menyalurkan kredit besar guna mencegah peningkatan rasio kredit bermasalah,” tambahnya.

Secara keseluruhan, rasio pengaduan di wilayah Purwokerto saat ini mencapai sekitar 56 persen, dengan dominasi dari sektor BPR. Kendati demikian, OJK menyatakan kondisi masih dalam kendali dan terus melakukan pengawasan agar stabilitas sektor keuangan tetap terjaga.

 

BagikanBagikanPinBagikanBagikanKirim
Sebelumnya

Bupati Sadewo Dampingi Dua Menteri Lepas Ekspor Gula Kelapa ke Hungaria

Selanjutnya

Sejumlah Pengurus DPAC PKB Banyumas Gelar Konsolidasi, Soroti Transparansi di Internal Partai

Sorotan

Karakteristik Kota Kecil yang Cocok untuk Gaya Hidup Slow Living

Escape to Serenity: Karakteristik Kota Kecil yang Cocok untuk Gaya Hidup Slow Living

BAZNAS : Mengelola Zakat untuk Kesejahteraan Umat di Indonesia

Purwokerto Kota Nyaman

Kenapa Purwokerto Kian Dikenal Bukan Kota yang Istimewa, Tapi Sebagai Kota yang Nyaman?

Populer Minggu ini

1.180 Honorer R4 Banyumas Desak Pemkab Segera Ajukan Usulan Menjadi P3K

Jalan Sehat Meriahkan HUT ke-80 RI di Desa Sudagaran, Roti 17 Meter Jadi Ikon Acara

Kampelmas: Inovasi UIN Saizu Purwokerto Mengubah Wajah KKN Indonesia

Pilihan Pembaca

Purwokerto Ke Jogja Berapa Jam

Purwokerto Ke Jogja Berapa Jam? Ini Jawabannya!

Apakah Banyumas termasuk Purwokerto

Apa Bedanya Purwokerto dan Banyumas? Ini Penjelasannya!

Sambut Harlah Ke-91, Ansor Banyumas Marathon Ziarah dan Sowan Masyayikh

  • Profil
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat Ketentun
suarabanyumas.co.id ©2025 

Tidak ditemukan hasil
Lihat semua salu
  • Terbaru
  • Banyumasiana
  • Pilihan

suarabanyumas.co.id ©2025 

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In